Minggu, 03 Juni 2018

KEUTAMAAN SEDEKAH


Al-Faqih Syeikh Ibrahim As-Samarqandi dalam kitab Tanbih Al-Ghafilin menyebutkan tentang sepuluh hal terpuji yang akan diterima oleh para pemberi sedekah. Lima hal terpuji akan diperoleh di dunia, dan lima lainnya akan didapatkan di akhirat.
فأولها     : تطهير المال كما قال النبي صلى الله عليه وسلم الا ان البيع يحضره اللغو والحلف والكذب فشوبوه بالصدقة.
Pertama
Menyucikan harta sebagaimana sabda Nabi SAW : “sesungguhnya dalam jual beli terdapat omong kosong, sumpah, dan dusta, maka campurlah jual beli dengan sedekah.”
والثانى    : أن فيها تطهير البدن من الذنوب كما قال الله تعالى عز وجل { خذ من اموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم بها... } التوبة : ١٠٣
Kedua
Sedekah akan menyucikan badan dari dosa-dosa sebagaimana firman Allah Ta’ala ‘Azza wa Jalla dalam QS. At-Taubah ayat 103 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka... .”

والثالث    : أن فيها دفع البلاء والأمراض كما قال النبي صلى الله عليه وسلم داووا مرضاكم بالصدقة.
Ketiga
Sedekah dapat mencegah bencana dan penyakit seperti halnya sabda Nabi SAW obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.

والرابع    : أن فيها ادخال السرور على المساكين وافضل الأعمال ادخال السرور على المؤمنين.
Keempat
Sesungguhnya sedekah memberikan rasa senang kepada orang-orang miskin. Memberikan rasa senang kepada orang mukmin adalah perbuatan yang paling utama. 
والخامس  : أن فيها بركة فى المال وسعة فى الرزق كما قال الله تعالى {وما انفقتم من شيئ فهو يخلفه} سباء : ٣٩


Kelima
Sesungguhnya di dalam sedekah ada keberkahan harta dan kelapangan rizki sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam Surat Saba’ayat 39 “... Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya ... .”
والسادس   : أن تكون الصدقة ظلا لصاحبها من شدة الحر
Keenam
Sedekah akan menjadi naungan orang yang bersedekah dari panas yang dahsyat (di padang mahsyar).
والسابع     : أن فيها خفة الحساب
Ketujuh
Sedekah  akan meringankan hisab (penghitungan amal).
والثامن     : أنها تثقل الميزان
Kedelapan
Sesungguhnya sedekah akan memberatkan timbangan amal.
والتاسع     : جواز على الصراط
Kesembilan
Sedekah akan membantu melewati Shirath.
والعاشر     : زيادة الدرجات فى الجنة
Kesepuluh
Bertambahnya derajat di surga.
Marilah di bulan Ramadhan yang mulia ini, tingkatkan sedekah kita dengan niatan ikhlas karena Allah SWT, adapun keutamaan-keutamaan tersebut Insya Allah akan “mbrentek” kepada para pemberi sedekah. Salurkan zakat, infaq, dan sedekah anda melalui UPZIS NUCARE-LAZISNU Kec. Comal. Cukup sekian semoga bermanfaat  والله اعلم بالصواب.

Kenangan “ngaji kitab Tanbih Al-Ghafilin kepada Abah pada Ramadhan 1428 H/ 2008 silam di Musholla Al-Ijabah (Hibat/Ketua UPZIS NUCARE-LAZISNU Kec. Comal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar